Trending

Kalawarna Gelar Pameran di Greenhost Boutique Hotel

Memperingati Hari Pendidikan & Menggambar Nasional Kalawarna Gelar Pameran di Greenhost Boutique Hotel


YOGYAKARTA, Indonesia (Selasa, 2 Mei 2023) --- Pameran lukisan kembali digelar di Greenhost Boutique Hotel. Kali ini, berkolaborasi dengan Alur sebagai marketing agency dan juga komunitas KALAWARNA menggelar pameran lukisan dengan tema “Duco Ergo Sum (I Draw Therefore I am)” mulai 2 hingga 31 Mei 2023. Dibuka pada Selasa, 2 May 2023, sebanyak kurang lebih 12 lukisan karya tiga seniman lokal dari Kalawarna; Dwipo Hadi, KIN/Pradipta Kinanti dan Maria Tisa yang akan dipamerkan di Art Kitchen dan Creative Sharing Space, di Greenhost Boutique Hotel. Pameran ini juga akan dibuka oleh Marie Caesarini, pemilik gallery online Pandega.


Kalawarna Gelar Pameran di Greenhost Boutique Hotel
Duco Ergo Sum by Kalawarna 



Duco Ergo Sum merupakan bahasa Latin yang terinspirasi dari kalimat latin ahli matematika dan filsuf Perancis Rene Descartes “Cogito Ergo Sum” atau yang dapat diartika I think, Therefore I am. Mendefinisikan bahwa tindakan berpikir adalah tindakan pembuktian eksistensi manusia. Sama halnya dengan berpikir, bahwasanya menggambar atau melukis juga merupakan tindakan primordial, mengacu pada gagasan bahwa tindakan melukis memiliki hubungan mendasar yang mendalam dengan pengalaman manusia dan asal usul kita sebagai spesies. Bahwa melukis bukan hanya bentuk ekspresi artistik yang dangkal tapi merupakan bagian integral dari kemanusiaan kita yang berakar pada sejarah evolusi.

Konsep melukis sebagai tindakan primordial didasarkan pada pemahaman bahwa manusia telah menciptakan seni selama puluhan ribu tahun, dengan beberapa contoh lukisan gua tertua yang berasal dari era Paleolitik yang merupakan karya seni awal dibuat dengan menggunakan pigmen dan bahan alami. Momen 2 Mei 2023 yang bertepatan dengan Hari Menggambar Nasional dirasa tepat untuk menampilkan karya sekaligus merayakan Hari Menggambar dan Pendidikan Nasional.

“Kolaborasi ini merupakan kolaborasi yang kami tunggu sejak lama. Setelah 250 komunitas seni dari 23 provinsi di Indonesia mendeklarasikan dan merayakan Hari Menggambar Nasional pada 2 Mei 2022, banyak komunitas yang turut berpartisipasi. Kali ini, bertempat di Greenhost Boutique Hotel, kami mengundang seluruh masyarakat terlibat merayakan Hari Menggambar Nasional,” ujar Dwipo Hadi, perwakilan dari Kalawarna.

Pameran “Duco Ergo Sum (I Draw Therefore I am)” ini merupakan gelaran pameran lukisan ketiga di Greenhost Boutique Hotel di tahun 2023. Masih mengusung untuk berkolaborasi dengan seniman dan komunitas lokal, diharapkan pameran lukisan ini menjadi salah satu pameran yang dapat dikunjungi oleh peminat seni di Yogyakarta pada Bulan Mei 2023.

“Kami sangat excited karena dipercaya kembali menjadi venue untuk pameran lukisan. Berkolaborasi dengan marketing agency kami, ALUR dan Kalawarna, yang merupakan komunitas lokal Yogyakarta dan diisi oleh para seniman lokal berbakat, gelaran pameran lukisan ini diharapkan bisa menjadi referensi. Harapan kami juga dengan dibangunnya Greenhost Boutique Hotel di gedung baru yang akan di launching di Bulan Agustus, bisa menjadikan ruangan kami referensi venue pameran untuk menampung karya lukisan yang lebih banyak,” ujar Corporate General Manager Ayom Group Vivie Elizabeth.

Pameran Lukisan “Duco Ergo Sum (I Draw Therefore I am)” oleh Kalawarna digelar di Art Kitchen dan Creative Sharing Space, Greenhost Boutique Hotel dari 2 – 31 Mei 2023. Untuk informasi detail mengenai pameran lukisan ini, dapat mengunjungi Instagram @greenhosthotel atau menanyakan melalui email di [email protected].


Kalawarna Gelar Pameran di Greenhost Boutique Hotel

ABOUT GREENHOST BOUTIQUE HOTEL

An eco-conscious boutique hotel located in Prawirotaman, Yogyakarta. Our property offers modern amenities with a touch of local culture, value, and hospitality. We are committed to operate in a sustainable and responsible way—both for the environtmant and the local community. Most importantly, we take out servicing method to heart whereby the spirit of mindfulness will always be at the core of our entire operation.
www.greenhosthotel.com




Previous Post Next Post