Arch:Id 2022 – Indonesia Architecture Conference & Exhibition Resmi Digelar

Bertemakan “Sebentang – Serentang – Segendang”
Hadirkan Keberagaman Praktek dan Produk Arsitektur di Indonesia

Jakarta, 14 Juli 2022 – Konferensi dan Pameran Arsitektur ARCH:ID resmi digelar pada Kamis, 14 Juli 2022 di ICE BSD City, Tangerang, dibuka oleh Menteri PUPR RI, Bapak Dr. Ir. H. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D. Sebagai festival arsitektur paling dinantikan di Indonesia, event ini akan berlangsung sampai 17 Juli 2022.




ARCH:ID merupakan annual event yang diselenggarakan oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) bermitra strategis dengan PT Citra Inovasi Strategi (CIS) Exhibition. Tahun ini Sebentang, Serentang, Segendang merupakan tema yang diusung, sebagai refleksi dari keberagaman praktek dan produk arsitektur yang ada di Indonesia. Tema ini merupakan hasil pemikiran 3 orang kurator yang merupakan arsitek ternama yang berasal dari berbagai daerah yaitu Ary Indra dari Salatiga, Ramadhoni Dwipayana dari Medan, dan Hermawan Dasmanto dari Surabaya.




“Tema kali ini, Sebentang – Serentang – Segendang untuk merayakan perbedaan dan keberagaman praktik arsitektur di Indonesia. Beberapa daerah di Indonesia memiliki potensi untuk ditampilkan, untuk itu ARCH:ID kali ini menampilkan Paviliun Indonesia Barat (Medan) dan Timur (Makassar) agar acaranya tidak tersentral di Jakarta saja”, ucap Hermawan Dasmanto Kurator ARCH:ID 2022.

KONFERENSI INTERNASIONAL

Konferensi ARCH:ID akan diselenggarakan selama 2 hari yaitu tanggal 14 – 15 Juli 2022. Menghadirkan pembicara lokal serta internasional antara lain :

1. Masahiro Kinoshita (Jepang)
2. Pitupong Chaowakul (Thailand)
3. Damith Premathilake (Srilanka)
4. Liu Yichun (China)
5. Setiadi Sopandi (Jakarta)
6. Gregorius Supie Yolodi & Maria Rosantina (Jakarta)
7. I Ketut Dirgantara (Bali)
8. Franky Parulian Simanjuntak (Medan)
9. Muhammad Ikhsan Hamiru (Makassar)




“Konferensi ARCH:ID 2022 kali unik dan menarik, sering kali kita menghadiri suatu acara karena pembicaranya adalah Starchitect (arsitek sangat terkenal), namun yang kita tawarkan sekarang ini adalah sebuah narasi, dengan mengikuti seluruh rangkaian sesi konferensi, peserta dapat menyimpulkan bentuk keberagaman dalam praktek arsitektur dari apa yang disampaikan para pembicara”, ucap Hermawan Dasmanto, kurator ARCH:ID 2022.

PAMERAN KOLABORASI DENGAN ARSITEK

Kegiatan yang utama selanjutnya adalah pameran terkurasi. Para peserta pameran (brand) dihimbau oleh kurator untuk berkolaborasi dengan arsitek untuk mendesain boothnya dan menampilkan desain produk dengan cara yang berbeda sehingga akan menciptakan suasana yang berbeda dari kegiatan sejenis. Layout pameran akan dibuat tidak mengikuti desain konvensional pameran pada umumnya. Ketinggian booth yang diatur juga akan menciptakan skyline menciptakan ambience arsitektur yang kental akan desain.




Tahun ini, ARCH:ID akan menampikan ragam produk arsitektur dan building material dari lebih 150 brand. Featured Exhibition, yang menjadi salah satu signature dari ARCH:ID akan menampilkan karya arsitektur dan di desain oleh para arsitek, instalasi yang akan ditampilkan :

1. Gerbang ARCH:ID 2022 “Beriringan dalam Kebersamaan” : didesain oleh Imron Yusuf (IFD Architects)

2. IAI Awards & 4 Nations Book “Incubator” : didesain oleh Budi Pradono (Budi Pradono Architects)

3. IAWR (Indonesian Architecture Week) – Rio : didesain oleh Dedi Wahyudi (LABO)

4. ARCH:ID Sustainable Construction Material Awards 2022 : didesain oleh Panitia Nasional IAI, Badan Media, Publikasi, dan Kemitraan

5. Student Best Final Project didesain oleh Tatyana Kusumo dan Trianzani Sulshi (Studio Aliri)

6. Health x Architecture : How Architecture Combats Disease didesain oleh YAHINTARA berkolaborasi dengan IAI

7. Sekala dan Niskala : didesain oleh IAI Bali

8. Transient Placemaker : didesain oleh I Ketut Dirgantara (DDAP Architect)

Pada area pameran, akan ditampilkan juga instalasi Wonders Of Weaving “Urban Wonders” yang berkolaborasi dengan para arsitek ternama, seperti :

1. Andra Matin
2. “Re-thinking Coffee Shop” didesain oleh Bitte Design Studio
3. “Beringin” yang merupakan ARCH:ID Square di desain oleh kurator ARCH:ID 2022, Ary Indra, Hermawan Dasmanto, dan Ramadhoni Dwipayana
4. “Collective Arc” didesain oleh K-Thengono yang menjadi area POD 2 Obrolan Tuju-Tuju dan Media Paviliun
5. “Melting Iceberg” didesain oleh Arkitekton yang menjadi area POD 1 Obrolan Tuju-Tuju
6. “A Beautiful Mess” didesain oleh Seniman Ruang

PROGRAM – PROGRAM LAIN

ARCH:ID 2022 disebut sebagai festival arsitektur karena acara yang beragam dalam satu kegiatan. Tidak hanya kegiatan utama Konferensi dan Pameran, kegiatan lain yang dapat dinikmati antara lain :

1. Talk Series dengan berbagai topik
2. Obrolan Tuju-Tuju
3. Paviliun Indonesia Barat (Medan) berlokasi di Posbloc dan Timur (Makassar) berlokasi di Museum Kota Tua
4. BIM Masterclass
5. ARCH:ID Sustainable Construction Material Awards 2022
6. ARCH:ID Night

Penyelenggaraan ARCH:ID 2022 menargetkan pengunjung dari kalangan profesional seperti arsitek, kontraktor, pengembang properti, desainer interior, institusi pemerintah, distributor, agen, importir, eksportir, akademisi serta semua pihak dunia arsitektur dan desain yang akan bertemu dalam kegiatan ini, membangun relasi bisnis, networking, knowledge-sharing dan mengambil peran untuk membangun arsitektur di Indonesia. Selain itu rangkaian kegiatan ini diharapkan membentuk suatu kolaborasi dengan bidang-bidang lain yang dapat bersinggungan dengan arsitektur.

Dalam hal kenyamanan semua pihak, ARCH:ID 2022 juga akan diselenggarakan mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan peraturan pemerintah. Pengunjung dapat mendaftarkan kehadirannya melalui online di website www.arch.id .




Untuk informasi lebih lanjut mengenai ARCH:ID, silahkan menghubungi :

CIS Exhibition
Normalina Adinda
021-83796833 atau 0812-94292503

info@arch.id

http://arch.id/

Atau

Pengurus Nasional IAI
BADAN MEDIA PUBLIKASI & KEMITRAAN
Theresia Asri W. Purnomo, ST., IAI
Toton Suhartanto, ST., IAI

theresiaasripurnomo@gmail.com

totonsuhartanto@gmail.com

sekretariat.iai@gmail.com


Nama Pembicara (Dok. Foto Opening Ceremony ARCH:ID 2022 ), Ki-Ka :

1. Dr. Ir. H. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D (Menteri PUPR RI)
2. Ar. Georgius Budi Yulianto, IAI, AA (Ketua Umum IAI)
3. Ar. Theresia Asri Purnomo, ST., IAI (Ketua ARCH:ID 2022)
4. Ar. Ary Indra, Ar. Hermawan Dasmanto, dan Ar. Ramadhoni Dwipayana (Kurator ARCH:ID 2022)
hotelierindo

Hotelierindo

Established 2006 in Dubai ,Hotelier Indonesia covers hotel management companies and every major chain headquarters. Hotelier Indonesia reaches hotel owners, senior management, operators, chef and other staff who influence, designers, architects, buyers and suppliers for hospitality products and services . We more unique than any other hotel publication in the world / WA : +6281219781196